Selayang Pandang PPG

Pendidikan Profesi Guru (PPG) di UIN Salatiga dikenal sebagai entitas pendidikan tinggi yang memiliki peran sentral dalam membentuk dan melatih calon-calon guru profesional berintegritas. Misi utamanya adalah memberikan pembekalan yang holistik kepada para calon guru, meliputi aspek moral dan spiritualitas Islam. Dengan visi yang teguh untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, PPG UIN Salatiga diharapkan menjadi pusat pembentukan bagi generasi guru yang mampu memberikan dampak positif dan signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional.

PPG UIN Salatiga menawarkan beragam program studi yang dirancang dengan cermat, memungkinkan eksplorasi konsep-konsep pedagogis terkini seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum yang disusun mencakup empat pilar kompetensi utama: pedagogik, sosial, kepribadian, dan ilmu keislaman, yang diberikan secara holistik untuk memastikan para lulusan tidak hanya memiliki keterampilan teknis, tetapi juga fondasi moral dan keislaman yang kokoh.

PPG UIN Salatiga, Menyemai Ilmu,Membangun Profesionalisme Guru

Prof. Dr. Mansur, M.Ag (Ketua LPTK UIN Salatiga)

Sejak berdirinya, PPG UIN Salatiga telah menjadi tempat berkembangnya pendidik berkualitas yang mampu beradaptasi dengan dinamika era pos-humanisme, terutama dalam konteks teknologi kecerdasan buatan. Prestasi dan kontribusi lulusan PPG UIN Salatiga telah diakui luas, menegaskan peran lembaga ini sebagai episentrum pendidikan dan motor penggerak perubahan dalam dunia pendidikan.

Tidak hanya sebagai tempat inkubasi pendidik, PPG UIN Salatiga juga aktif dalam kegiatan riset dan inovasi, khususnya dalam bidang pedagogik. Dengan menyatukan teori dan praktik, lembaga ini berupaya memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan pedagogik keislaman serta memperkuat landasan ilmiah dalam proses pembelajaran.

Dengan komitmen yang teguh terhadap profesionalisme dan nilai-nilai Islam, PPG UIN Salatiga telah menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan profesi guru di Indonesia. Melalui pendekatan ilmiah dan holistik, lembaga ini tidak hanya mencetak generasi guru berkualitas, tetapi juga membuka ruang untuk eksplorasi dan pengembangan pengetahuan yang mendukung perubahan positif dalam dunia pendidikan.